Catatanku

bagi membaca semoga bermanfaat untuk semuanya

Catatanku

bagi membaca semoga bermanfaat untuk semuanya

Senin, 14 Mei 2018

BAB V SKRIPSI PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK PEMULUNG DALAM PEMANFATAN BARANG BEKAS USIA 10 TAHUN DI SEKOLAH ALAM TUNAS MULIA BANTAR GEBANG BEKASI

BAB V
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.    Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas anak pemulung usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang bekas di Sekolah Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi yaitu melalui media alat peraga. Media tersebut, antara lain berupa: kardus, dan sedotan, plastik, gunting, dan lem. Selain itu, guru juga memberikan contoh bagaimana cara membuat pola piguran bingkai foto, mainan pesawat, mainan telepon dari botol aqua, dan bros.Hal ini dilakukan guru agar siswa mudah mengerti dan memahami jenis dan manfaat barang bekas bagi kehidupan sehari-hari.
2.   
83
Media alat peraga mampu meningkatkan kreativitas anak pemulung usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang bekas. Hal ini dapat terlihat pada prosentase peningkatan yang telah dicapai anak pada tiap siklusnya. Pada pra siklus dapat diketahui bahwa kreativitas anak pemulung usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang bekas hanya sebesar 50.1%. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 15.6% yaitu menjadi 65.7%. Sementara itu, pada siklus II kembali terjadi peningkatan sebesar 18.5% sehingga menjadi 84.2%, diketahui bahwa peningkatan kreativitas anak pemulung usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang bekas melalui media alat peraga di Sekolah Tunas Mulia Bantar Gebang Bekasi terjadi peningkatan sesuai dengan target yang telah ditetapkan bahkan melampauinya yaitu sebesar 80%, sehingga penelitian tindakan kelas dihentikan pada siklus II.

B.   Implikasi
Implikasi dalam penelitian ini ternyata terbukti bahwa penerapan media alat peraga mampu meningkatkan kreativitas anak pemulung usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang bekas.

C.   Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat diberikan beberapa saran sebagai berikut:
1.    Bagi sekolah diharapkan terus berupaya untuk meningkatkan fasilitas dan sarana pendukung berupa media pembelajaran terutama pada mata pelajaran kesenian agar siswa lebih termotivasi dan tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran dan imajinasi serta kreativitas anak diharapkan semakin meningkat.
2.    Bagi guru, sebaiknya guru dapat mengembangkan imajinasi anak dengan memberikan pelajaran yang lebih menarik agar siswa menjadi aktif dan kreatif. Guru tidak hanya mengajarkan secara teori namun juga dengan praktik langsung agar siswa mempunyai gambaran yang jelas bagaimana pemanfaatan barang bekas tersebut. Guru harus memonitoring perkembangan siswa dalam pemanfaatan barang bekas dan mengarahkan bagaimana pemanfaatan yang baik agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
3.    Bagi masyarakat, diharapkan mampu memberikan dukungan dan dapat bekerjasama terhadap sekolah agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Hendaknya selalu mengenalkan barang bekas kepada anak untuk dijadikan barang bermanfaat. Selalu mendorong anak dalam meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir kritis mengenai masalah lingkungan.

4.    Bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini, dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya untuk mengetahui perkembangan kreativitas anak pemulung dalam pemanfaatan barang bekas usia 10 tahun di Sekolah Alam Tunas Mulia di Bantar Gebang Bekasi.
DAFTAR PUSTAKA


Aisyah, dkk. 2008. Metode Pengajaran. Jakarta:Rineka Cipta

Al-Khalili, Abdussalam Amal. 2005. Mengembangkan Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arikunto,Suharsimi.2013.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta:PT Bumi Aksara
_______________.2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Darmawan,Deni.2013. Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung:PT Remaja RosdaKarya

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.


Hayati,Nur. 2013. Melejitkan Kecerdasan Anak Melalui Strategi Supportive Climate. Yogyakarta:Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 2,No.1 dan 2:221

Idris, H.Meity.2015. Peran Guru Dalam Mengelola Keterbakatan Anak. Jakarta:PT. Luxima Metro Media

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kurniati, Euis dan Rachamawati Yeni. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kurniawati, Ria. 2012.Terampil Mengelolah Barang Bekas. Bekasi:CV. Jabal Rohmat

Leni, Nur dan Rakhmawati Dwi. 2011.Kreasi Unik Dengan Sampah Bekas.Jakarta:Bentara Cipta Prima
Meha, Nehru. 2014.Bahan Ajar Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta:Universitas Muhammadiyah

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Muksin, Kak. 2015. Yuk, Membuat Alat Peraga Edukatif Dari Barang Bekas. Yogyakarta:Diva Press

Muliawan,Unggah Jasa. 2016. Mengembangkan Imajinasi Dan Kreativitas Anak. Yogyakarta: Gava Media

Murdiyanto. 2007. Sikap Pemulung Terhadap Persepsi Masyarakat Di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Yogyakarta:Citra Media

Nugraha,R Ardiana.  2013. Menyelamatkan Lingkungan Hidup Dengan Pengelolaan Sampah. Jakarta: PT. Gading Inti Prima

Nursyahid, Angga Obey & Wiyono. 2013. Rahasia Mendidik Anak Cerdas Meningkatkan Daya Pikir, Kesehatan, Dan Kreatifitas Anak. Jakarta: Tugu Publisher

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Garfindo Persada

Soetjiningsih, Hari Christiana. Seri Psikologi Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan  Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Bandung:AlfaBeta

_______.2016. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Bandung: AlfaBeta

Sujiono,Bambang Dan Sujiono Nurani Yuliani. 2013. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:PT. Indeks.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Yuliana.2016. 4 Aksi Gampang Ubah Sampah Jadi Emas.http://showbiz.liputan6.com/read/2509115/4-aksi-gampang-ubah-sampah-jadi-emas. diakses 17 Mei 2016

 

Wiriaatmadja, Rochiati, 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar