PENUTUP
A.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai
berikut:
1. Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitas anak pemulung
usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang bekas di Sekolah Tunas Mulia Bantar
Gebang Bekasi yaitu melalui media alat peraga. Media tersebut, antara lain
berupa: kardus, dan sedotan, plastik, gunting, dan lem. Selain
itu, guru juga memberikan contoh bagaimana cara membuat pola piguran bingkai foto, mainan pesawat, mainan
telepon dari botol aqua, dan bros.Hal ini dilakukan guru agar siswa mudah mengerti dan memahami jenis dan manfaat
barang bekas bagi kehidupan sehari-hari.
2.
83
|
B.
Implikasi
Implikasi dalam
penelitian ini ternyata terbukti bahwa penerapan media alat peraga mampu
meningkatkan kreativitas anak pemulung usia 10 tahun dalam pemanfaatan barang
bekas.
C.
Saran
Berdasarkan kesimpulan
di atas, maka dapat diberikan beberapa saran sebagai berikut:
1. Bagi sekolah diharapkan terus berupaya untuk meningkatkan
fasilitas dan sarana pendukung berupa media pembelajaran terutama pada mata
pelajaran kesenian agar siswa lebih termotivasi dan tertarik mengikuti kegiatan
pembelajaran dan imajinasi serta kreativitas anak diharapkan semakin meningkat.
2. Bagi guru, sebaiknya
guru dapat mengembangkan imajinasi anak dengan memberikan pelajaran yang lebih
menarik agar siswa menjadi aktif dan kreatif. Guru tidak hanya mengajarkan
secara teori namun juga dengan praktik langsung agar siswa mempunyai gambaran
yang jelas bagaimana pemanfaatan barang bekas tersebut. Guru harus memonitoring
perkembangan siswa dalam pemanfaatan barang bekas dan mengarahkan bagaimana
pemanfaatan yang baik agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
3. Bagi masyarakat, diharapkan mampu memberikan
dukungan dan dapat bekerjasama
terhadap sekolah agar proses pembelajaran berjalan dengan baik. Hendaknya
selalu mengenalkan barang bekas kepada anak untuk dijadikan barang bermanfaat.
Selalu mendorong anak dalam meningkatkan kemampuan anak dalam berpikir kritis
mengenai masalah lingkungan.
4. Bagi peneliti lain, diharapkan hasil penelitian ini,
dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya untuk mengetahui perkembangan
kreativitas anak pemulung dalam pemanfaatan barang bekas usia 10 tahun di Sekolah
Alam Tunas Mulia di Bantar Gebang Bekasi.
DAFTAR PUSTAKA
Aisyah, dkk. 2008. Metode Pengajaran. Jakarta:Rineka
Cipta
Al-Khalili, Abdussalam
Amal. 2005. Mengembangkan
Kreativitas Anak. Jakarta: Pustaka
Al-Kautsar.
Arikunto,Suharsimi.2013.Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan.Jakarta:PT
Bumi Aksara
_______________.2009. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta:Bumi Aksara.
Darmawan,Deni.2013.
Metode Penelitian Kuantitatif.Bandung:PT Remaja RosdaKarya
Desmita. 2013. Psikologi
Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Desmita. 2014. Psikologi
Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja RosdaKarya.
Edo.2015.Pemulung Di Bantargebang Ini Punya Mimpi, Anaknya
Bisa Sekolah Dan Kerja Kantoran.http://news.detik.com/berita/2885644/pemulung-di-bantargebang-ini-punya-mimpi-anaknya-bisa-sekolah-dan-kerja-kantoran.diakses 13 April 2015
Hayati,Nur. 2013. Melejitkan
Kecerdasan Anak Melalui Strategi Supportive Climate. Yogyakarta:Jurnal
Pendidikan Anak. Vol. 2,No.1 dan 2:221
Idris, H.Meity.2015. Peran
Guru Dalam Mengelola Keterbakatan Anak. Jakarta:PT. Luxima
Metro Media
Kunandar. 2011. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Kurniati, Euis
dan Rachamawati Yeni. 2010. Strategi Pengembangan
Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group
Kurniawati, Ria. 2012.Terampil
Mengelolah Barang Bekas. Bekasi:CV. Jabal Rohmat
Leni, Nur
dan Rakhmawati Dwi. 2011.Kreasi Unik Dengan Sampah Bekas.Jakarta:Bentara
Cipta Prima
Meha, Nehru. 2014.Bahan
Ajar Orientasi Baru Dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta:Universitas
Muhammadiyah
Margono, S. 2009. Metodologi
Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Muksin, Kak. 2015. Yuk,
Membuat Alat Peraga Edukatif Dari Barang Bekas. Yogyakarta:Diva
Press
Muliawan,Unggah Jasa. 2016. Mengembangkan
Imajinasi Dan Kreativitas Anak. Yogyakarta: Gava
Media
Murdiyanto. 2007. Sikap
Pemulung Terhadap Persepsi Masyarakat Di Provinsi Daerah Istimewah Yogyakarta. Yogyakarta:Citra
Media
Nugraha,R
Ardiana. 2013. Menyelamatkan
Lingkungan Hidup Dengan Pengelolaan Sampah. Jakarta: PT. Gading Inti Prima
Nursyahid,
Angga Obey & Wiyono. 2013. Rahasia Mendidik Anak Cerdas Meningkatkan
Daya Pikir, Kesehatan, Dan Kreatifitas Anak. Jakarta: Tugu Publisher
Sardiman. 2014.
Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Garfindo
Persada
Soetjiningsih, Hari Christiana. Seri
Psikologi Perkembangan Anak Sejak Pertumbuhan
Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: Prenada
Media Group.
Sugiyono. 2014. Metode
Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Bandung:AlfaBeta
_______.2016. Metode
Penelitian Kuantitaif Kualitatif Dan R&D. Bandung: AlfaBeta
Sujiono,Bambang Dan Sujiono Nurani
Yuliani. 2013. Bermain Kreatif
Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta:PT. Indeks.
Tampubolon,
Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Erlangga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar