MANFAAT MEDIA
PEMBELAJARAN
Secara umum media pendidikan mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam
bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
- Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti misalnya:
a.
Objek yang terlalu besar, bisa
digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model;
b.
Objek yang kecil-dibantu dengan
proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar;
c.
Gerak yang terlalu lambat atau terlalu
cepat, dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photography;
d.
Kejadian atau peristiwa yang terjadi di
masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, film bingkai, foto
maupun secara verbal;
e.
Objek yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin)
dapat disajikan dengan model, diagram, dan lain-lain, dan
f.
Konsep yang terlalu luas (gunung berapi,
gempa bumi, iklim, dan lain-lain) dapat di visualkan dalam bentuk film, film
bingkai, gambar, dan lain-lain.
- Penggunaan media pendidikan secara tepat dan
bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media
pendidikan berguna untuk:
a.
Menimbulkan kegairahan belajar;
b.
Memungkinkan interaksi yang lebih
langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan;
c.
Memungkinkan anak didik belajar
sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.Dengan sifat yang unik pada tiap
siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda,, sedangkan
kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru
banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi sendiri. Hal ini
akan lebih sulit bila latar belakan lingkungan guru dengan siswa
juga berbeda. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan
kemampuannya dalam:
a.
Memberikan perangsang yang sama;
b.
Mempersamakan pengalaman;
c. Menimbulkan persepsi yang sama.
Dale
(1969:180) mengemukakan bahwa bahan-bahan audio-visual dapat memberikan banyak
manfaat asalkan guru berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hubungan
guru-siswa tetap merupakan elemen paling penting dalam system pendidikan modern
saat ini. Guru harus selalu hadir untuk menyajikan materi pelajaran dengan
bantuan media apa saja agar manfaat berikut ini dapat terealisasi:
1)
Meningkatkan rasa saling pengertian dan
simpati dalam kelas;
2)
Membuahkan perubahan signifikan tingkah
lalu siswa;
3)
Menunjukkan hubungan antar mata
pelajaran dan kebutuhan dan minta siswa dengan meningkatnya motivasi belajar
siswa;
4)
Membawa kesegaran dan variasi bagi
pengalaman belajar siswa;
5)
Membuat hasil belajar lebih bermakna
bagi berbagai kemampuan siswa;
6)
Mendorong pemanfaatan yang bermakna dari
mata pelajaran dengan jalan melibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang
mengakibatkan meningkatnya hasil belajar;
7)
Memberikan umpan balik yang diperlukan
yang dapat membantu siswa menemukan seberapa banyak telah mereka pelajar;
8)
Melengkapi pengalaman yang kaya dengan
pengalaman itu konsep-konsep yang berkala dapat kembangkan;
9)
Memperluas wawasan dan pengalaman siswa
yang mencerminkan pembelajaran nonverbalistik dan membuat generalisasi yang
tepat;
10) Meyakinkan diri bahwa urutan dan kejelasan pikiran yang siswa butuhkan jika
mereka membangun struktur konsep dan system gagasan yang bermakna.
Sudjana
dan Rivai (1992;2) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar
siswa, yaitu:
- Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar;
- Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya
sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan
mencapai tujuan pembelajaran;
- Metode mengajar akan lebih bervariasi, tidak
semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru,
sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau
guru mengajar pada setiap jam pelajaran;
- Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan
belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas
lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan
lain-lain.
Encyclopedei
of Educational Research dalam Hamalik (1994:15) merincikan manfaat media
pendidikan sebagai berikut:
v
Meletakkan dasar-dasar yang konkret
untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
v Memperbesar perhatian siswa.
v Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
v Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
v Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
v Membantu tubuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
v Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih baik
v Memperbesar perhatian siswa.
v Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembangan belajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
v Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri di kalangan siswa.
v Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
v Membantu tubuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
v Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar